Kamis, 29 Januari 2009

INFORMASI SEPUTAR PERNIKAHAN

APA ALASAN ANDA INGIN MENIKAH ?

Apakah Anda kini tengah merencanakan sebuah pernikahan? Sebelum memutuskan salah satu hal terpenting dalam hidup itu, ada baiknya Anda memikirkan sekali lagi, apa alasan Anda menikah.

Alasan Anda cukup bagus jika menikah karena:

Cinta. Meskipun cinta bukan satu-satunya alasan untuk menikah, namun cinta merupakan pondasi yang kuat untuk sebuah hubungan. Seperti kata Letto, pernikahan yang dilandasi cinta, akan bertahan selamanya.

Berkomitmen. Anda dan pasangan telah sepakat untuk hidup bersama selamanya, setelah mengetahui segala kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Bagian dari budaya. Perayaan pernikahan merupakan salah satu bagian penting dalam kebudayaan atau kepercayaan yang Anda anut. Dengan menjalani pernikahan, berarti Anda telah menjalani adat masyarakat tempat Anda hidup, dan menghargai nilai budaya setempat.

Membangun keluarga. Anda dan pasangan telah mantap menjalani hubungan, dan telah merasa nyaman satu sama lain. Sebuah pernikahan merupakan tempat terbaik untuk membentuk keluarga dan membesarkan anak-anak.

Merayakan kebahagiaan. Anda ingin berbagi kebahagiaan yang Anda rasakan bersama pasangan kepada orangtua, sahabat, dan keluarga. Pernikahan merupakan waktu yang paling tepat. Jika Anda merasa telah menjalani hubungan yang kuat dan menyenangkan, sangat logis jika pada akhirnya Anda memutuskan untuk menikah.

Sebelum mengatakan, “ya, saya bersedia.” Ada baiknya Anda mempertimbangkan kembali keputusan untuk menikah. Jika Anda menikah karena alasan-alasan berikut ini, sebaiknya mundur dulu sebelum terlanjur melangkah ke pernikahan.

Untuk menyelamatkan hubungan. Jika Anda berpikir pernikahan akan menyelamatkan hubungan yang ‘tidak aman’, Anda sama sekali salah. Hubungan yang memburuk tidak akan serta merta membaik setelah menikah. Bahkan, jika Anda sudah terlanjur ‘terikat’, akan jauh lebih sulit untuk berpisah.

Banyak orang menikah karena alasan ini. Mereka takut ditinggalkan, takut sendirian, dan khawatir tidak akan menemukan jodoh yang lain. Namun sebenarnya pemikiran semacam ini tidak tepat. Bukankah lebih baik hidup sendiri daripada terlanjur hidup bersama dengan orang yang salah?

Demi anak. Memang benar, anak memerlukan kehadiran kedua orangtua agar tumbuh dengan baik. Namun, jika Anda menikah murni karena alasan demi kebahagiaan anak, ini justru tidak sehat bagi mereka, karena tidak ada cinta dalam rumah tangga. Anak-anak membutuhkan orangtua, dan juga cinta.

Pesta mewah. Pesta pernikahan besar-besaran memang sangat menyenangkan, seperti mimpi menjadi nyata. Anda dan pasangan bersanding bak raja dan ratu. Namun yang perlu Anda ingat, pesta pernikahan hanya berlangsung sehari. Padahal, kehidupan pernikahan akan berlangsung selamanya. Lebih baik memikirkan masa depan.

Menyembuhkan luka. Beberapa orang memutuskan menikah untuk mengobati luka akibat kegagalan masa lalu. Menikah untuk membuktikan mereka baik-baik saja setelah terluka. Namun sebenarnya, perasaan sembuh dari luka itu harus muncul dengan sendirinya, tak perlu dipaksa.

Anda mungkin punya lebih banyak alasan lain untuk menikah. Namun yang terpenting, Anda dan pasangan telah benar-benar mendiskusikan alasan-alasan itu. Dan Anda berdua merasa yakin telah memiliki keyakinan dan harapan yang sama. Jika Anda dan pasangan memiliki impian dan harapan yang sama, akan lebih mudah mewujudkannya. Jika berbeda, kedua belah pihak akan merasa kecewa.

Harapan dan impian pernikahan ini bisa dipengaruhi oleh berbagai hal. Keluarga, teman, dan pengaruh lingkungan. Faktor terpenting adalah keluarga. Seorang anak biasanya mengamati kehidupan orangtuanya, cara ia dibesarkan, hal itu sangat mempengaruhi harapannya tentang kehidupan pernikahannya sendiri.

Memutuskan pernikahan memang tidak mudah. Keraguan dan kekhawatiran selalu ada. Namun selama Anda dan pasangan dapat berdiskusi dan mengkompromikan semuanya, Anda masih berjalan dalam koridor yang aman. Jadi, jangan takut untuk menikah!

(Relate.org/dila)


PERSYARATAN SURAT PERNIKAHAN

MENIKAH di KANTOR URUSAN AGAMA

1. Surat Pengantar dari RT/RW ditujukan ke kantor kelurahan untuk mendapatkan persyaratan nikah (N-1,N-2,N-3,N-4) Dll.
2. TT1 dari Puskemas setempat (Khusus bagi Calon pengantin Putri)
3. Rekomendasi nikah dari KUA Kec. Setempat (Khusus bagi Calon pengantin Putri)
4. Bagi Anggota TNI/POLRI harus ada izin komandan.
5. Bagi Janda/Duda harus ada (Akta Cerai/Keterangan Kematian)
6. Foto Copy Ijazah Terakhir & Akta Kelahiran Masing-masing 1 lembar. (Kata Petugasnya sich cuma untuk verifikasi nama aja)
7. Foto Copy KK 2 Lembar.
8. Foto Copy KTP 2 Lembar.
9. Pas Foto Berwarna Terbaru Ukuran 3 X 3 (KUA) & 3 X 4 (Kelurahan) Masing-masing 4 lembar.

Catatan: Sebelum ke Kelurahan Persyaratan No 4-9 harap Dilengkapi dulu.


MENIKAH di CATATAN SIPIL :

A. Gereja

1. Form pernikahan
2. Fotokopi akta lahir
3. Fotokopi surat baptis
4. Fotokopi KTP dan KK
5. Fotokopi KKJ (Kartu Keluarga Jemaat) Gereja
6. Surat persetujuan masing-masing orang tua
7. Surat pernyataan kebenaran biodata
8. Surat Keterangan dari Gembala
9. Fotokopi N1, N2, N4 dan Surat Keterangan belum nikah dari Keluarahan (Optional)
10. Mengikuti BPN sesuai dengan jadwal yang telah dijadwalkan oleh Gereja

B. Catatan Sipil

1. Formulir pernikahan
2. Fotokopi akta lahir
3. Fotokopi KTP dan KK
4. N1, N2, N4 dan Surat Keterangan belum Nikah dari kelurahan (asli)
5. Fotokopi surat baptis
6. Fotokopi KTP saksi dari kedua belah pihak

Sumber data : KUA dan Catatan Sipil Bogor


BATIK DALAM TATA CARA PERNIKAHAN JAWA
Senin, 2008 Agustus 18


Kain batik memang tak asing lagi bagi masyarakat Jawa terutama Jogja. Dalam berbagai acara, kain-kain ini sering menjadi pakaian resmi yang menunjukkan kekhasan daerah, begitu juga dalam upacara-upacara adat tertentu seperti perkawinan. Kain-kain bermotif unik dan tradisional ini dikenakan oleh hampir seluruh keluarga dan kerabat untuk menyambut hari bahagia, bersatunya dua manusia.

Sebelum dipersatukan dalam ikatan perkawinan yang sering disebut dengan istilah ijab, kedua calon pengantin dipingit (tidak diijinkan untuk bertemu). Sehari sebelumnya kedua mempelai harus menjalani upacara siraman (mandi kembang) di tempat masing-masing. Menurut salah satu empu rias pengantin, R. Sri Supadmi, kain yang digunakan dalam upacara ini tak boleh sembarangan. "Mereka harus menggunakan kain putih. Tetapi karena kain ini tembus pandang maka di dalamnya harus dilapisi batik," ungkap seorang ibu yang pernah menjadi penata rias di keraton selama pemerintahan HB IX ini.

Motif batik yang digunakan dalam upacara ini juga harus dipilah-pilah. Pada dasarnya banyak motif seperti sidoasih dan sidomukti yang dapat digunakan, tetapi ada beberapa motif yang menurut Bu Padmi memang menjadi pantangan karena maknanya yang kurang bagus. Motif itu antara lain parang rusak dan parang barong yang dipercaya dapat merusak.

Setelah disiram oleh orang tua dan penata rias yang juga menjadi dukun manten, calon pengantin perempuan dipersiapkan untuk menjalani malam midodareni. Ia kemudian harus mengenakan batik motif grompol, bermakna mengumpulkan. Pada malam midodareni, selain dirias dan mengenakan batik motif truntum yang bermakna tumbuh, pengantin perempuan sebenarnya tak boleh keluar kamar sama sekali. Namun menurut Bu Padmi yang banyak meraih penghargaan dari departemen kebudayaan ini, semua telah banyak berubah sekarang.

Perubahan itu bukan hanya terlihat dari pengantin yang tak lagi betah berada di kamar kemudian jalan-jalan keluar dan menemui tamu, tetapi juga pada pemakaian motif batik. Pada malam midodareni sekarang ini pengantin diperbolehkan untuk mengenakan motif lain seperti sidomukti dan semen (yang disamaartikan dengan semi). Selain itu juga sering terjadi pergeseran pemakaian motif batik pada orang tua mempelai yang menggunakan truntum yang diambil dari kata tumaruntum atau bertumbuh.

Pada waktu mengikat janji pernikahan atau ijab, motif batik yang digunakan juga fleksibel. Mereka dapat mengenakan berbagai motif entah itu sido mukti, sido asih maupun semen. Parang rusak, parang barong dan kawung besar tetap menjadi pantangan. Hal ini karena parang rusak berkonotasi negatif, parang barong hanya diperkenakan untuk para raja, sementara kawung besar adalah milik ahli agama.

Diakui oleh Supadmi yang menjadi perias bersama suaminya, R. Suwardanidjaja, bahwa memang tak semua orang tau akan hal ini. Untuk itulah setelah menjuarai lomba rias pengantin tiga kali berturut-turut pada tahun 1979, 1981, dan 1983, ia bersama suami kemudian membuat sebuah buku "Tata Rias Pengantin Gaya Yogyakarta" yang diterbitkan oleh gramedia.

Cara lain yang ditempuh oleh wanita yang terilhami untuk menjadi perias sejak kecil ini guna melestarikan budaya pernikahan adalah dengan membuka kursus bagi siapa saja yang ingin menjadi seorang perias pengantin. Selain belajar merias mulai dari membuat paes yang benar, peserta juga akan diajari menjalankan tata upacara pernikahan dengan berbagai urutan dan makna serta cara pelaksanaannya.

Diposkan oleh: Ghozy Ul-Haq
06:59


TATA CARA PERNIKAHAN ADAT SUNDA
Rabu, 2007 November 21

Adat Sunda merupakan salah satu pilihan calon mempelai yang ingin merayakan pesta pernikahannya. Khususnya mempelai yang berasal dari Sunda. Adapun rangkaian acaranya dapat dilihat berikut ini.

Nendeun Omong, yaitu pembicaraan orang tua atau utusan pihak pria yang berminat mempersunting seorang gadis.
Lamaran. Dilaksanakan orang tua calon pengantin beserta keluarga dekat. Disertai seseorang berusia lanjut sebagai pemimpin upacara. Bawa lamareun atau sirih pinang komplit, uang, seperangkat pakaian wanita sebagai pameungkeut (pengikat). Cincin tidak mutlak harus dibawa. Jika dibawa, bisanya berupa cincing meneng, melambangkan kemantapan dan keabadian.
Tunangan. Dilakukan ‘patuker beubeur tameuh’, yaitu penyerahan ikat pinggang warna pelangi atau polos kepada si gadis.
Seserahan (3 - 7 hari sebelum pernikahan). Calon pengantin pria membawa uang, pakaian, perabot rumah tangga, perabot dapur, makanan, dan lain-lain.
Ngeuyeuk seureuh (opsional, Jika ngeuyeuk seureuh tidak dilakukan, maka seserahan dilaksanakan sesaat sebelum akad nikah.)
Dipimpin pengeuyeuk.
Pengeuyek mewejang kedua calon pengantin agar meminta ijin dan doa restu kepada kedua orang tua serta memberikan nasehat melalui lambang-lambang atau benda yang disediakan berupa parawanten, pangradinan dan sebagainya.
Diiringi lagu kidung oleh pangeuyeuk
Disawer beras, agar hidup sejahtera.
dikeprak dengan sapu lidi disertai nasehat agar memupuk kasih sayang dan giat bekerja.
Membuka kain putih penutup pengeuyeuk. Melambangkan rumah tangga yang akan dibina masih bersih dan belum ternoda.
Membelah mayang jambe dan buah pinang (oleh calon pengantin pria). Bermakna agar keduanya saling mengasihi dan dapat menyesuaikan diri.
Menumbukkan alu ke dalam lumpang sebanyak tiga kali (oleh calon pengantin pria).
Membuat lungkun. Dua lembar sirih bertangkai saling dihadapkan. Digulung menjadi satu memanjang. Diikat dengan benang kanteh. Diikuti kedua orang tua dan para tamu yang hadir. Maknanya, agar kelak rejeki yang diperoleh bila berlebihan dapat dibagikan kepada saudara dan handai taulan.
Berebut uang di bawah tikar sambil disawer. Melambangkan berlomba mencari rejeki dan disayang keluarga.
Upacara Prosesi Pernikahan
Penjemputan calon pengantin pria, oleh utusan dari pihak wanita
Ngabageakeun, ibu calon pengantin wanita menyambut dengan pengalungan bunga melati kepada calon pengantin pria, kemudian diapit oleh kedua orang tua calon pengantin wanita untuk masuk menuju pelaminan.
Akad nikah, petugas KUA, para saksi, pengantin pria sudah berada di tempat nikah. Kedua orang tua menjemput pengantin wanita dari kamar, lalu didudukkan di sebelah kiri pengantin pria dan dikerudungi dengan tiung panjang, yang berarti penyatuan dua insan yang masih murni. Kerudung baru dibuka saat kedua mempelai akan menandatangani surat nikah.
Sungkeman,
Wejangan, oleh ayah pengantin wanita atau keluarganya.
Saweran, kedua pengantin didudukkan di kursi. Sambil penyaweran, pantun sawer dinyanyikan. Pantun berisi petuah utusan orang tua pengantin wanita. Kedua pengantin dipayungi payung besar diselingi taburan beras kuning atau kunyit ke atas payung.
Meuleum harupat, pengantin wanita menyalakan harupat dengan lilin. Harupat disiram pengantin wanita dengan kendi air. Lantas harupat dipatahkan pengantin pria.
Nincak endog, pengantin pria menginjak telur dan elekan sampai pecah. Lantas kakinya dicuci dengan air bunga dan dilap pengantin wanita.
Buka pintu. Diawali mengetuk pintu tiga kali. Diadakan tanya jawab dengan pantun bersahutan dari dalam dan luar pintu rumah. Setelah kalimat syahadat dibacakan, pintu dibuka. Pengantin masuk menuju pelaminan.

Diposkan oleh Wedding Adat Sunda di 03:05


TRADISI PERNIKAHAN MINANGKABAU

Dari BudayaIndonesia

Tradisi perhelatan pernikahan menurut adat Minangkabau lazimnya melalui sejumlah prosesi yang hingga kini masih dijunjung tinggi untuk dilaksanakan serta melibatkan keluarga besar kedua calon mempelai, terutama dari keluarga pihak wanita. Berikut beberapa tradisi dan upacara adat yang biasa dilakukan baik sebelum maupun setelah acara pernikahan:


1. Maresek

--------------------------------------------------------------------------------

Maresek merupakan penjajakan pertama sebagai permulaan dari rangkaian tatacara pelaksanaan pernikahan. Sesuai dengan sistem kekerabatan di Minangkabau, pihak keluarga wanita mendatangi pihak keluarga pria. Lazimnya pihak keluarga yang datang membawa buah tangan berupa kue atau buah-buahan sesuai dengan sopan santun budaya timur. Pada awalnya beberapa wanita yang berpengalaman diutus untuk mencari tahu apakah pemuda yang dituju berminat untuk menikah dan cocok dengan si gadis. Prosesi bisa berlangsung beberapa kali perundingan sampai tercapai sebuah kesepakatan dari kedua belah pihak keluarga.


2. Meminang dan Bertukar Tanda

--------------------------------------------------------------------------------

Keluarga calon mempelai wanita mendatangi keluarga calon mempelai pria untuk meminang. Bila tunangan diterima, berlanjut dengan bertukar tanda sebagai simbol pengikat perjanjian dan tidak dapat diputuskan secara sepihak. Acara melibatkan orang tua atau ninik mamak dan para sesepuh dari kedua belah pihak.

Rombongan keluarga calon mempelai wanita datang dengan membawa sirih pinang lengkap disusun dalam carano atau kampla yaitu tas yang terbuat dari daun pandan. Menyuguhkan sirih diawal pertemuan dengan harapan apabila ada kekurangan atau kejanggalan tidak akan menjadi gunjingan. Sebaliknya, hal-hal yang manis dalam pertemuan akan melekat dan diingat selamanya. Selain itu juga disertakan oleh-oleh kue-kue dan buah-buahan. Benda-benda yang dipertukarkan biasanya benda-benda pusaka seperti keris, kain adat atau benda lain yang bernilai sejarah bagi keluarga. Benda-benda ini akan dikembalikan dalam suatu acara resmi setelah berlangsung akad nikah.

Tata caranya diawali dengan juru bicara keluarga wanita yang menyuguhkan sirih lengkap untuk dicicipi oleh keluarga pihak laki-laki sebagai tanda persembahan. Juru bicara menyampaikan lamaran resmi. Jika diterima berlanjut dengan bertukar tanda ikatan masing-masing. Selanjutnya berembug soal tata cara penjemputan calon mempelai pria.


3. Mahanta / Minta Izin

--------------------------------------------------------------------------------

Calon mempelai pria mengabarkan dan mohon doa restu rencana pernikahan kepada mamak-mamaknya, saudara-saudara ayahnya, kakak-kakaknya yang telah berkeluarga dan para sesepuh yang dihormati. Hal yang sama dilakukan oleh calon mempelai wanita, diwakili oleh kerabat wanita yang sudah berkeluarga dengan cara mengantar sirih.

Bagi calon mempelai pria membawa selapah yang berisi daun nipah dan tembakau (namun saat ini sedah digantikan dengan rokok). Sementara bagi keluarga calon mempelai wanita ritual ini menyertakan sirih lengkap.

Ritual ini ditujukan untuk memberitahukan dan mohon doa rencana pernikahannya. Biasanya keluarga yang didatangi akan memberikan bantuan untuk ikut memikul beban dan biaya pernikahan sesuai kemampuan.


4. Babako - Babaki

--------------------------------------------------------------------------------

Pihak keluarga dari ayah calon mempelai wanita (disebut bako) ingin memperlihatkan kasih sayangnya dengan ikut memikul biaya sesuai kemampuan. Acara berlangsung beberapa hari sebelum acara akad nikah.

Perlengkapan yang disertakan biasanya berupa sirih lengkap (sebagai kepala adat), nasi kuning singgang ayam (makanan adat), antaran barang yang diperlukan calon mempelai wanita seperti seperangkat busana, perhiasan emas, lauk pauk baik yang sudah dimasak maupun yang masih mentah, kue-kue dan sebagainya.

Sesuai tradisi, calon mempelai wanita dijemput untuk dibawa ke rumah keluarga ayahnya. Kemudian para tetua memberi nasihat. Keesokan harinya, calon mempelai wanita diarak kembali ke rumahnya diiringi keluarga pihak ayah dengan membawa berbagai macam barang bantuan tadi.


5. Malam Bainai

--------------------------------------------------------------------------------

Bainai berarti melekatkan tumbukan halus daun pacar merah atau daun inai ke kuku-kuku calon pengantin wanita. Tumbukan ini akan meninggalkan bekas warna merah cemerlang pada kuku. Lazimnya berlangsung malam hari sebelum akad nikah. Tradisi ini sebagai ungkapan kasih sayang dan doa restu dari para sesepuh keluarga mempelai wanita.

Busana khusus untuk upacara bainai yakni baju tokoh dan bersunting rendah. Perlengkapan lain yang digunakan antara lain air yang berisi keharuman tujuh kembang, daun iani tumbuk, payung kuning, kain jajakan kuning, kain simpai dan kursi untuk calon mempelai.

Calon mempelai wanita dengan baju tokoh dan bersunting rendah dibawa keluar dari kamar diapit kawan sebayanya. Acara mandi-mandi secara simbolik dengan memercikkan air harum tujuh kembang oleh para sesepuh dan kedua orang tua. Selanjutnya, kuku-kuku calon mempelai wanita diberi inai.


6. Manjapuik Marapulai

--------------------------------------------------------------------------------

Ini adalah acara adat yang paling penting dalam seluruh rangkaian acara perkawinan menurut adat Minangkabau. Calon pengantin pria dijemput dan dibawa ke rumah calon pengantin wanita untuk melangsungkan akad nikah. Prosesi ini juga dibarengi pemberian gelar pusaka kepada calon mempelai pria sebagai tanda sudah dewasa.

Lazimnya pihak keluarga calon pengantin wanita harus membawa sirih lengkap dalam cerana yang menandakan datangnya secara beradat, pakaian pengantin pria lengkap, nasi kuning singgang ayam, lauk pauk, kue-kue serta buah-buahan. Untuk daerah pesisir Sumatera barat biasanya juga menyertakan payung kuning, tombak, pedang serta uang jemputan atau uang hilang.

Rombongan utusan dari keluarga calon mempelai wanita menjemput calon mempelai pria sambil membawa perlengkapan. Setelah prosesi sambah mayambah dan mengutarakan maksud kedatangan, barang-barang diserahkan. Calon pengantin pria beserta rombongan diarak menuju kediaman calon mempelai wanita.


7. Penyambutan di Rumah Anak Daro

--------------------------------------------------------------------------------

Tradisi menyambut kedatangan calon mempelai pria di rumah calon mempelai wanita lazimnya merupakan momen meriah dan besar. Diiringi bunyi musik tradisional khas Minang yakni talempong dan gandang tabuk, serta barisan Gelombang Adat timbal balik yang terdiri dari pemuda-pemuda berpakaian silat, serta disambut para dara berpakaian adat yang menyuguhkan sirih.

Sirih dalam carano adat lengkap, payung kuning keemasan, beras kuning, kain jajakan putih merupakan perlengkapan yang biasanya digunakan.

Keluarga mempelai wanita memayungi calon mempelai pria disambut dengan tari Gelombang Adat timbal balik. Berikutnya, barisan dara menyambut rombongan dengan persembahan sirih lengkap. Para sesepuh wanita menaburi calon pengantin pria dengan beras kuning. Sebelum memasuki pintu rumah, kaki calon mempelai pria diperciki air sebagai lambang mensucikan, lalu berjalan menapaki kain putih menuju ke tempat berlangsungnya akad.


8. Tradisi seusai akad nikah

--------------------------------------------------------------------------------

Ada lima acara adat Minang yang lazim dilaksanakan seusai akad nikah. Yaitu memulang tanda, mengumumkan gelar pengantin pria, mengadu kening, mengeruk nasi kuning dan bermain coki.

* Memulangkan tanda
Setelah resmi sebagai suami istri maka tanda yang diberikan sebagai ikatan janji sewaktu lamaran dikembalikan oleh kedua belah pihak.

*Mengumumnkan gelar pengantin pria
Gelar sebagai tanda kehormatan dan kedewasaan yang disandang mempelai pria lazimnya diumumkan langsung oleh ninik mamak kaumnya.

*Mengadu Kening
Pasangan mempelai dipimpin oleh para sesepuh wanita menyentuhkan kening mereka satu sama lain. Kedua mempelai didudukkan saling berhadapan dan diantara wajah keduanya dipisahkan dengan sebuah kipas, lalu kipas diturunkan secara perlahan. Setelah itu kening pengantin akan saling bersentuhan.

*Mangaruak Nasi Kuning
Prosesi ini mengisyaratkan hubungan kerjasama antara suami isri harus selalu saling menahan diri dan melengkapi. Ritual diawali dengan kedua pengantin berebut mengambil daging ayam yang tersembunyi di dalam nasi kuning.

*Bermain Coki
Coki adalah permaian tradisional Ranah Minang. Yakni semacam permainan catur yang dilakukan oleh dua orang, papan permainan menyerupai halma. Permainan ini bermakna agar kedua mempelai bisa saling meluluhkan kekakuan dan egonya masing-masing agar tercipta kemesraan.

--------------------------------------------------------------------------------

Disadur dari buku : Tata Cara Perkawinan Adat Istiadat Minangkabau oleh Nazif Basir & Elly Kasim

Diperoleh dari "http://budaya-indonesia.org/iaci/Tradisi_pernikahan_Minangkabau"


ADAT ISTIADAT BUDAYA BATAK BONAPASOGIT

Tata Cara dan Urutan Pernikahan Adat Na Gok
1. Mangarisika..

Adalah kunjungan utusan pria yang tidak resmi ke tempat wanita dalam rangka penjajakan. Jika pintu terbuka untuk mengadakan peminangan maka pihak orang tua pria memberikan tanda mau (tanda holong dan pihak wanita memberi tanda mata). Jenis barang-barang pemberian itu dapat berupa kain, cincin emas, dan lain-lain.

2. Marhori-hori Dinding/marhusip..

Pembicaraan antara kedua belah pihak yang melamar dan yang dilamar, terbatas dalam hubungan kerabat terdekat dan belum diketahui oleh umum.

3. Marhata Sinamot..

Pihak kerabat pria (dalam jumlah yang terbatas) datang oada kerabat wanita untuk melakukan marhata sinamot, membicarakan masalah uang jujur (tuhor).

4. Pudun Sauta..

Pihak kerabat pria tanpa hula-hula mengantarkan wadah sumpit berisi nasi dan lauk pauknya (ternak yang sudah disembelih) yang diterima oleh pihak parboru dan setelah makan bersama dilanjutkan dengan pembagian Jambar Juhut (daging) kepada anggota kerabat, yang terdiri dari :

1. Kerabat marga ibu (hula-hula)

2. Kerabat marga ayah (dongan tubu)

3. Anggota marga menantu (boru)

4. Pengetuai (orang-orang tua)/pariban

5. Diakhir kegiatan Pudun Saut maka pihak keluarga wanita dan pria bersepakat menentukan waktu Martumpol dan Pamasu-masuon.
5. Martumpol (baca : martuppol)
Penanda-tanganan persetujuan pernikahan oleh orang tua kedua belah pihak atas rencana perkawinan anak-anak mereka dihadapan pejabat gereja. Tata cara Partumpolon dilaksanakan oleh pejabat gereja sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tindak lanjut Partumpolon adalah pejabat gereja mewartakan rencana pernikahan dari kedua mempelai melalui warta jemaat, yang di HKBP disebut dengan Tingting (baca : tikting). Tingting ini harus dilakukan dua kali hari minggu berturut-turut. Apabila setelah dua kali tingting tidak ada gugatan dari pihak lain baru dapat dilanjutkan dengan pemberkatan nikah (pamasu-masuon).

6. Martonggo Raja atau Maria Raja.

Adalah suatu kegiatan pra pesta/acara yang bersifat seremonial yang mutlak diselenggarakan oleh penyelenggara pesta/acara yang bertujuan untuk :
Mempersiapkan kepentingan pesta/acara yang bersifat teknis dan non teknis
Pemberitahuan pada masyarakat bahwa pada waktu yang telah ditentukan ada pesta/acara pernikahan dan berkenaan dengan itu agar pihak lain tidak mengadakan pesta/acara dalam waktu yang bersamaan.
Memohon izin pada masyarakat sekitar terutama dongan sahuta atau penggunaan fasilitas umum pada pesta yang telah direncanakan.

7. Manjalo Pasu-pasu Parbagason (Pemberkatan Pernikahan)
Pengesahan pernikahan kedua mempelai menurut tatacara gereja (pemberkatan pernikahan oleh pejabat gereja). Setelah pemberkatan pernikahan selesai maka kedua mempelai sudah sah sebagai suami-istri menurut gereja. Setelah selesai seluruh acara pamasu-masuon, kedua belah pihak yang turut serta dalam acara pamasu-masuon maupun yang tidak pergi menuju tempat kediaman orang tua/kerabat orang tua wanita untuk mengadakan pesta unjuk. Pesta unjuk oleh kerabat pria disebut Pesta Mangalap parumaen (baca : parmaen)
8. Pesta Unjuk

Suatu acara perayaan yang bersifat sukacita atas pernikahan putra dan putri. Ciri pesta sukacita ialah berbagi jambar :

1. Jambar yang dibagi-bagikan untuk kerabat parboru adalah jambar juhut (daging) dan jambar uang (tuhor ni boru) dibagi menurut peraturan.

2. Jambar yang dibagi-bagikan bagi kerabat paranak adalah dengke (baca : dekke) dan ulos yang dibagi menurut peraturan. Pesta Unjuk ini diakhiri dengan membawa pulang pengantin ke rumah paranak.
9. Mangihut di ampang (dialap jual)

Yaitu mempelai wanita dibawa ke tempat mempelai pria yang dielu-elukan kerabat pria dengan mengiringi jual berisi makanan bertutup ulos yang disediakan oleh pihak kerabat pria.

10. Ditaruhon Jual.

Jika pesta untuk pernikahan itu dilakukan di rumah mempelai pria, maka mempelai wanita dibolehkan pulang ke tempat orang tuanya untuk kemudian diantar lagi oleh para namborunya ke tempat namborunya. Dalam hal ini paranak wajib memberikan upa manaru (upah mengantar), sedang dalam dialap jual upa manaru tidak dikenal.

11. Paranak makan bersama di tempat kediaman si Pria (Daulat ni si Panganon)

1. Setibanya pengantin wanita beserta rombongan di rumah pengantin pria, maka diadakanlah acara makan bersama dengan seluruh undangan yang masih berkenan ikut ke rumah pengantin pria.

2. Makanan yang dimakan adalah makanan yang dibawa oleh pihak parboru

12. Paulak Unea..

a. Setelah satu, tiga, lima atau tujuh hari si wanita tinggal bersama dengan suaminya, maka paranak, minimum pengantin pria bersama istrinya pergi ke rumah mertuanya untuk menyatakan terima kasih atas berjalannya acara pernikahan dengan baik, terutama keadaan baik pengantin wanita pada masa gadisnya (acara ini lebih bersifat aspek hukum berkaitan dengan kesucian si wanita sampai ia masuk di dalam pernikahan).
b. Setelah selesai acara paulak une, paranak kembali ke kampung halamannya/rumahnya dan selanjutnya
memulai hidup baru.

13. Manjahea.

Setelah beberapa lama pengantin pria dan wanita menjalani hidup berumah tangga (kalau pria tersebut bukan anak bungsu), maka ia akan dipajae, yaitu dipisah rumah (tempat tinggal) dan mata pencarian.

14. Maningkir Tangga (baca : manikkir tangga)
Beberapa lama setelah pengantin pria dan wanita berumah tangga terutama setelah berdiri sendiri (rumah dan mata pencariannya telah dipisah dari orang tua si laki-laki) maka datanglah berkunjung parboru kepada paranak dengan maksud maningkir tangga (yang dimaksud dengan tangga disini adalah rumah tangga pengantin baru). Dalam kunjungan ini parboru juga membawa makanan (nasi dan lauk pauk, dengke sitio tio dan dengke simundur-mundur).Dengan selesainya kunjungan maningkir tangga ini maka selesailah rangkaian pernikahan adat na gok.

Yang menjadi bahan pertanyaan sekarang adalah :

a. Apa kebaikan dan keburukan urutan pernikahan adat na gok diatas ?

b. Masih relevankah tata cara pernikahan adat na gok diatas pada jaman sekarang ini ?

Entri ini ditulis oleh rapolo dan dikirimkan oleh Desember 19, 2007 at 9:01 am



TIPS MEMPERSIAPKAN PERNIKAHAN


Hari pernikahan adalah saat-saat yang paling berkesan dalam hidup kita. Bukan saja pada hari itu kita akan menjadi raja dan ratu sehari, tetapi juga merupakan langkah awal dalam menapak perjalanan panjang menuju kebahagiaan bersama pasangan yang kita cintai. Tentunya para calon pengantin berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mempersiapkan segala sesuatu demi kelancaran pada hari pernikahan, namun mungkin saja ada yang terlewatkan. Tentu saja kita ingin momen ini menjadi sesuatu yang sempurna, indah, dan bahagia.

Lalu bagaimana mempersiapkan berbagai keperluan pernikahan? Mempersiapkan pesta pernikahan memang sangat sibuk. Tak jarang banyak pasangan yang mengalami kesulitan dan bingung dalam mempersiapkan pernikahannya. Memang sebaiknya pernikahan tidak direncanakan secara mendadak, tetapi dipikirkan jauh hari sebelumnya, agar pada hari H semuanya berjalan dengan lancar. Persiapan pernikahan tentulah memakan waktu yang tidak sedikit. Pasangan yang bekerja sering merasa kesulitan untuk mempersiapkan pernikahannya. Berikut beberapa tips yang dapat Anda simak untuk mulai mempersiapkan pesta pernikahan Anda.

Memilih tanggal pernikahan

Tentukan kapan Anda akan menyelengarakan pesta pernikahan Anda. Ada baiknya jika Anda memilih dua tanggal yang cocok sebagai pilihan. Penting memiliki backup tanggal pernikahan sehingga bila pada tanggal yang diinginkan tersebut tidak memungkinkan untuk mengadakan pesta, Anda tetap memiliki cadangan di hari lainnya.

Mulailah membuat anggaran pernikahan

Membuat anggaran sangatlah penting dalam mempersiapkan pernikahan. Hal ini akan membantu Anda agar tidak sampai mengadakan pesta pernikahan yang di luar jangkauan kemampuan Anda berdua. Semua kemewahan pernikahan tentu akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit dan dengan membuat perencanaan keuangan setidaknya dapat membantu Anda terhindar dari pengeluaran yang membengkak. Putuskan berapa tamu yang akan diundang ke pesta pernikahan dan buatlah masing-masing kategori pengeluaran yang mungkin akan dikeluarkan. Sediakan catatan khusus untuk mencatat anggaran untuk masing-masing kebutuhan pernikahan Anda. Dari gaun pengantin, Jas pengantin, tempat, catering, dan sebagainya. Hal ini perlu dilakukan agar, Anda dapat memantau biaya yang akan Anda keluarkan untuk semua kebutuhan pernikahan Anda.

Daftarkan semua tamu yang akan Anda undang

Tuliskan terlebih dulu daftar-daftar tamu yang akan Anda undang ke pesta pernikahan Anda. Utamakan keluarga yang akan diundang, barulah teman dan relasi. Dahulukan pengiriman undangan kepada kerabat atau orang yang dituakan. Bentuk undangan tidak perlu aneh-aneh karena trend saat ini adalah simple, yang penting indah serta mudah dibaca. Setidaknya undangan sudah harus sampai ke tangan penerima sekitar dua minggu sebelum hari H. Untuk kerabat yang berada di luar kota, usahakan undangan tersebut sudah harus Anda kirim empat minggu sebelumnya, karena proses pengiriman akan memakan waktu yang agak lama.

Pilih tempat untuk pemberkatan dan resepsi pernikahan

Untuk memilih lokasi pernikahan yang ideal sebaiknya dilakukan paling lambat setahun sebelumnya. Baru setelah itu Anda mulai memilih kebutuhan-kebutuhan pernikahan lainnya, seperti fotography, kue pengantin, foto liputan, catering, kartu undangan, souvenir, dekorasi hingga mobil pengantin. Setelah itu barulah Anda memikirkan pesta pernikahan outdoor ataupun indoor. Hal ini harus diimbangi dengan seberapa banyak tamu-tamu yang akan Anda undang nantinya, serta dekorasi yang akan Anda tampilkan pasa pesta tersebut. Dalam memilih tempat perlu Anda pertimbangkan tentang letak lokasi. Jangan sampai jauh sehingga menyulitkan tamu untuk datang.

Dalam mempersiapkan pernikahan, yang terpenting adalah kerjasama serta komunikasi dengan pasangan Anda. Agar semua perencanaan pernikahan dapat terorganisir dengan baik. (wd)
Source : www.weddingku.com


TIPS SEBELUM HARI PERNIKAHAN

Written on May 13, 2008 – 9:19 am | by aku |

Jaga stamina tubuh
Energi dan pikiran Anda pasti akan banyak terkuas menjelang hari pernikahan. Makanlah dengan menu yang sehat dan jadwal yang baik. Lakukan olahraga yang dapat meningkatkan stamina seperti jogging atau treadmil. Minum multivitamin atau suplemen yang bisa meningkatkan stamina tubuh.

Hindari cekcok dengan pasangan
Jika di bulan-bulan lalu Anda bebas merdeka mengumbar emosi setiap kali beradu pendapat dengannya. Cobalah sekarang belajar menghalau hal-hal sepele yang jadi bahan pertengkaran (redam emosi). Simpan energi Anda untuk persiapan menikah yang menuntut ketenangan pikiran.

Banyak menghibur diri
Hari bahagia nanti sudah pasti akan memberi sinar cerah pada diri Anda. Tapi tidak ada salahnya menjelang hari H Anda banyak memberikan terapi penghibur bagi diri Anda. Lakukanlah hal-hal menarik yang bisa membuat Anda bahagia. Menonton misalnya, atau jalan-jalan ke daerah-daerah yang sejuk, karena dapat membantu meningkatkan jiwa bahagia Anda di hari terpenting dalam hidup Anda.



TIPS MENYIASATI BIAYA PERNIKAHAN

Oleh: Ahmad Gozali
Dikutip dari Majalah Alia

Pernikahan adalah sebuah momen yang akan dikenang sepanjang hidup seseorang. Bagaimana tidak, pernikahan menyatukan dua manusia menjadi satu keluarga. Pernikahan juga menyambung silaturahmi antara dua keluarga besar menjadi saudara.

Tapi bukan berarti seluruh sumber daya finansial yang dimiliki dihabiskan hanya untuk sebuah acara pernikahan saja. Karena masih banyak pengeluaran lain setelah itu yang sebaiknya diprioritaskan. Seperti untuk membeli rumah dan kendaraan sendiri, serta dana pendidikan anak-anak nanti tentunya. Yang perlu dikhawatirkan oleh seseorang yang siap menikah bukanlah biaya untuk acara pernikahannya, melainkan biaya hidup setelah itu untuk bisa mandiri.

Untuk bisa mendapatkan momen pernikahan yang indah, tidak harus dilakukan dengan mewah. Triknya adalah dengan mengantisipasi beberapa faktor yang sangat menentukan besar kecilnya biaya yang diperlukan.

Di rumah atau sewa gedung?
Kalau tidak mau repot, memang akan lebih baik kalau pernikahannya diadakan di gedung saja. Namun tentunya akan ada konsekuensi dari segi biaya. Yaitu adanya pos pengeluaran untuk membayar sewa gedung. Maka bisa jadi harga sewa gedung bisa menjadi pertimbangan utama dalam memilih gedung yang akan digunakan. Jangan sampai anggaran pernikahan Anda tersedot habis untuk biaya sewa gedung, karena masih banyak pengeluaran lain yang juga tidak kalah besarnya.

Tapi jangan terkecoh dengan iklan biaya sewa gedung yang murah, tanyakan dulu fasilitas apa saja yang sudah termasuk dalam harga tersebut. Apakah sudah termasuk kursi dan lainnya. Lalu apakah ada tambahan untuk perizinan, listrik dan sebagainya. Dan ingat, biaya yang akan dikeluarkan bukan cuma untuk menyewa gedung saja melainkan juga untuk sarana pendukungnya seperti katering, dekorasi, dokumentasi dan sebagainya. Mau tidak mau Anda akan diminta untuk menggunakan katering atau dekorasi dari rekanan gedung tersebut. Tentunya harganya akan lebih mahal dibandingkan dengan harga di luar, bisa jadi pengelola gedung memasang standar harga yang relatif murah untuk sewa gedungnya tapi mematok harga yang cukup mahal untuk kateringnya. Jadi untuk membandingkan mana yang lebih murah, hitung biaya sewa, katering, dekorasi dan biaya tambahan lainnya juga.

Selain itu, cermati juga kapasitas gedungnya. Tentunya Anda tidak ingin tamu undangan Anda berdesak-desakan karena gedungnya terlalu kecil. Pilih gedung yang memang bisa menampung undangan sebanyak yang direncanakan, tapi jangan juga memilih gedung yang terlalu besar. Selain biayanya lebih mahal, acaranya juga bisa terkesan sepi karena ruangannya terlihat kosong. Bukan cuma ukuran ruangannya lho yang harus dilihat, cermati juga kapasitas tempat parkiranya agar tidak menggangu lingkungan sekitar. Survey langsung dan lihat seberapa banyak kira-kira daya tampung tempat duduk, orang berdiri, dan parkirannya.

Dengan anggaran terbatas, akan lebih ekonomis mengadakan acara pernikahannya di rumah saja. Memang sih, Anda akan lebih repot, tapi penghematannya juga bisa lumayan besar. Malah bisa jadi penentuan tempat di rumah atau di gedung adalah faktor pertama yang menentukan besar atau tidaknya biaya yang diperlukan. Apalagi kalau Anda punya keluarga besar yang bisa dengan senang hati membantu, kenapa tidak minta tolong saja kepada mereka. Saya percaya mereka tidak akan keberatan. Malah akan menjadi kebahagiaan mereka juga untuk bisa ikut berpartisipasi dalam acara pernikahan Anda.

Jumlah Undangan
Selain masalah gedung, faktor kedua yang paling penting untuk menentukan besar kecilnya biaya pernikahan adalah jumlah tamu yang diundang. Bukan cuma biaya cetak undangan saja yang diperhitungkan, jumlah tamu yang diundang juga akan mempengaruhi kapasitas gedung yang harus disewa, banyaknya makanan yang dipesan dan sebagainya.Tentunya tidak mungkin mengadakan pesta kecil-kecilan saja sedangkan Anda mengundang begitu banyak orang. Dan menjadi mubazir juga kalau mengadakan acara besar hanya untuk sedikit orang yang diundang.

Acara pernikahan bukan cuma acaranya pasangan pengantin, tapi juga acara bagi kedua keluarga besar besan. Jangan lupa untuk menghitung jumlah yang akan diundang oleh pihak pengantin laki-laki, pengantin perempuan, dan kedua keluarga besan. Pastikan Anda sudah punya perkiraan jumlah undangan sebelum mencetak undangan dan memesan gedung. Akan lebih baik lagi kalau daftar namanya pun sudah siap.

Wedding Organizer
Terkadang untuk menyiapkan sendiri teknis acara pernikahan, akan menghabiskan banyak waktu dan perhatian. Padahal, masih banyak hal lain yang perlu disiapkan menghadapi hari H. Dan tentunya akan lebih merepotkan lagi kalau belum pernah menjadi panitia acara pernikahan sebelumnya,.

Kalau mau praktis, Anda bisa memanfaatkan jasa wedding organizer. Bukan cuma acara di gedung saja, wedding organizer pun bisa membantu Anda untuk menyiapkan acara pernikahan yang diadakan di rumah.

Memang akan ada tambahan dari segi biaya, tapi kalau pekerjaan yang mereka lakukan bisa banyak membantu Anda, rasanya tidak mengapa keluar lebih banyak uang untuk sesuatu yang memang berharga. Dan bukan tidak mungkin kalau total biaya yang harus dikeluarkan justru bisa dihemat. Karena mereka lebih berpengalaman, bisa jadi mereka sudah punya langganan yang bisa memberikan diskon atau punya konsep dekorasi yang bagus tapi tidak mahal.

Lebih praktis dengan sistem paket
Sebagian dari Anda mungkin merencanakan acara pernikahan dengan batasan anggaran. Artinya, Anda tidak mau pusing-pusing menghitung biaya yang harus dikeluarkan per item seperti undangan, dekorasi, gedung, katering, dan sebagainya.

Sama dengan ketika memesan makanan di restoran fast food, daripada pusing memilih menu, pilih saja paket yang sudah ada. Yang menyediakan sistem paket ini biasanya selain wedding organizer juga hotel dan pengelola gedung. Harganya juga bervariasi, mulai dari 5 juta untuk yang sederhana sampai yang ratusan juta rupiah juga ada.

Anda bisa memilih paket yang sudah tetap harganya. Atau bisa juga paket yang dihitung per orang. Untuk paket yang sudah tetap harganya, Anda bisa memilih sesuai dengan batasan anggaran, namun tentunya harus rela untuk membatasi undangan sesuai dengan paketnya. Sedangkan untuk paket per orang, Anda bisa lebih fleksibel menentukan berapa jumlah tamu yang akan diundang. Sedangkan untuk paket yang dihitung per orang, Anda bisa lebih fleksibel menentukan berapa jumlah tamu yang akan diundang.

Tips Menghemat Biaya Pernikahan:

Gedung tak harus strategis Tujuan diadakannya acara pernikahan di gedung adalah untuk mendapatkan ruangan yang cukup besar menampung semua tamu dan tidak repot menyiapkannya. Tidak perlu gedung yang lokasinya sangat strategis agar tamu mudah menjangkaunya, karena tamu undangan memang sudah berniat untuk datang dimanapun lokasinya. Untuk menghemat biaya gedung, lokasinya mungkin tidak usah yang dipinggir jalan utama, yang penting mudah dicari dan aksesnya jalannya baik. Tidak usah juga gedung yang terlihat mewah karena toh nantinya juga akan didekor. Yang penting bisa menampung semua tamu undangan yang hadir. Bahkan kalau bisa, pilih gedung yang tidak komersil, dalam arti tidak disewakan secara khusus untuk mengadakan acara-acara tertentu. Mungkin Anda pernah menghadiri sebuah acara pernikahan di mesjid, gedung olah raga, atau mungkin balai warga di lingkungan rumahnya. Saya rasa tidak diterapkan tarif komersil untuk acara tersebut. Kalaupun harus membayar uang sewa, Anda tidak diharuskan memilih katering dan dekorasi dari rekanan pengelola yang tarifnya lebih mahal.
Di rumah pun bisa lebih indah Acara pernikahan yang baik tidak harus di tempat yang mewah, rumah sendiri pun bisa disulap menjadi tempat acara yang indah. Ingat, faktor pertama yang mempengaruhi besar atau kecilnya biaya adalah tempat. Pernikahan di rumah sendiri bisa menghemat banyak pos pengeluaran seperti untuk sewa tempat dan katering. Bahkan di rumah pun bisa lebih indah, tinggal bagaimana kita mengaturnya saja. Kalau punya halaman luas, Anda bisa memasang tenda tertutup yang bisa menampung banyak tamu. Memang akan lebih mahal daripada tenda biasa yang terbuka, tapi tentunya masih lebih murah daripada menyewa gedung.
Bijak memilah undangan Faktor kedua yang menentukan besar atau kecilnya biaya pernikahan adalah jumlah undangan. Kalau Anda dibatasi oleh kuota jumlah undangan, pilih dengan baik siapa saja yang akan diundang. Mulai dari yang terdekat, baru kemudian yang jauh. Dekat bisa dalam arti hubungan dan dekat dalam arti tempat tinggal. Kalau Anda mengadakan acara akad nikah dan resepsi yang terpisah, hal ini bisa menyiasati banyaknya tamu yang diundang. Undang kerabat, tetangga dan teman-teman di lingkungan sekitar untuk menghadiri acara akad nikah yang diadakan di rumah. Sedangkan sisanya yang tidak tinggal dekat dengan rumah bisa diundang untuk menghadiri resepsinya di gedung.
Variatif menghidangkan makanan Tidak perlu banyak-banyak memesan makanan, yang penting bervariasi. Daripada terlalu banyak menaruh makanan di meja prasmanan utama. Akan lebih baik membuat banyak tempat makanan kecil-kecil yang terpisah dengan hidangan yang berbeda-beda. Selain mengurangi antrian, para undangan juga tidak akan merasa kehabisan makanan karena bervariasinya hidangan.
Masih bisa didiskon Walaupun Anda memilih harga paket, tidak usah sungkan untuk minta diskon. Atau ketika memesan katering, walaupun harganya sudah jelas tertera di brosur, bukan berarti tidak bisa didiskon lho. Negosiasi saja dengan pengelola kateringnya untuk diberikan diskon. Dan perhatikan dengan baik kredibilitas pengelola katering, karena Anda tidak bisa betul-betul menghitung apakah porsi yang dihidangkan sesuai dengan pesanan.

Salam
Ahmad Gozali
Perencana Keuangan


TIPS MENCARI IDE UNIK UNTUK ACARA PERNIKAHAN ANDA


28 March 2007 05:10 pm

Mencari ide yang unik untuk pernikahan anda? Langkah pertama untuk menciptakan pernikahan yang unik anda dapat dimulai dengan membuat daftar apa yang anda serta pasangan anda suka dan tidak suka. Entah itu musik, style, warna, artis favorit atau hobi. Dari daftar ini anda dapat melangkah untuk memutuskan tema apa yang paling tepat buat anda. Tema pernikahan anda tidak perlu yang terlalu rumit, mungkin anda terinspirasi dengan warna soft pink dan dari situ anda bisa menyesuaikan semua kebutuhan pernikahan anda dengan warna tersebut.

Mencari ide yang unik untuk pernikahan anda? Langkah pertama untuk menciptakan pernikahan yang unik anda dapat dimulai dengan membuat daftar apa yang anda serta pasangan anda suka dan tidak suka. Entah itu musik, style, warna, artis favorit atau hobi. Dari daftar ini anda dapat melangkah untuk memutuskan tema apa yang paling tepat buat anda. Tema pernikahan anda tidak perlu yang terlalu rumit, mungkin anda terinspirasi dengan warna soft pink dan dari situ anda bisa menyesuaikan semua kebutuhan pernikahan anda dengan warna tersebut.

Berikut adalah beberapa ide unik yang dapat dicoba untuk pernikahan anda:

1. Music athmosphere.

Disudut setiap ruangan perdengarkan lagu yang berbeda sesuai dengan makanan yang disediakan.Biasanya pengantin akan menyediakan gubuk-gubuk makanan yang letaknya dipojok ruangan pernikahan selain makanan tengah. Anda bisa memperdengarkan lagu yang berbeda disetiap sudut ruangan sesuai dengan asal makanan tersebut, contohnya; Gubuk sate dan soto bisa memperdengarkan lagu gendang Jawa, Gubuk BBQ dan Kebab bisa memperdengarkan lagu yang bergaya western.

2. Tema Pakaian.

Anda dapat menuliskan tema pakaian yang anda ingin tamu anda kenakan saat menghadiri acara pernikahan anda. Contohnya; tema anda adalah tradisional dan anda mengharapkan semua tamu yang datang memakai baju tradisional. (anda bisa menggunakan ide ini apabila tamu anda adalah teman-teman dan kerabat dekat anda)

3. Buku tamu berfoto.

Anda bisa menyediakan kamera Polaroid disetiap meja penerima tamu dan beritahu setiap penerima tamu untuk mengambil foto setiap tamu anda dan tempelkan disebelah tandatangan dibuku tamu yang sudah mereka isi.

4. White never wrong.

Warna putih untuk tema pernikahan anda tidak pernah salah.Cobalah sesuatu yang berbeda untuk pernikahan anda gunakan warna putih untuk pernikahan anda tapi jangan padu padankan dengan warna yang lain jadi gunakan semua gradasi warna putih. Contohnya; gunakan warna putih dan gradasinya untuk dekorasi, kue, mobil, karpet, dan sentuhan terakhir semua pelayan-pelayan dan panitia yang terlibat dalam pernikahan anda kenakan jas putih.

5. Espresso Bar.

Tambahkan dekorasi espresso bar dalam pernikahan anda. Dalam bar ini tamu anda dapat menikmati bermacam-macam kopi seperti; coffee lattes dan cappuccinos.

6. DJ untuk meramaikan acara pernikahan anda.

Menyewa seorang DJ untuk pernikahan anda merupakan ide yang menarik jadi campur suasana romantis anda dengan pertunjukan DJ dipertengahan acara tentunya akan menarik perhatian tamu-tamu anda.

7. Sediakan pertunjukan khusus untuk anak-anak.

Biasanya anak-anak tidak tahan untuk berada dipesta pernikahan lebih dari setengah jam dan tak jarang orang tua jadi malas untuk membawa anak-anaknya. Sewa balon boy, badut, pesulap untuk menarik perhatian anak-anak sehingga mereka tidak mengganggu jalannya acara pernikahan anda.

Sumber : wedding indonesia



TIPS DESAIN UNDANGAN PERNIKAHAN
Diposting oleh Ijan

Semua hal tenang pernikahan membutuhkan perencanaan dan koordinasi yang baik supaya menjadi sempurna pada saat hari H. Undangan pernikahan adalah sebuah pengumuman untuk hari bersejarah bagi pasangan yang akan menikah dan ini harus di pertimbangkan oleh kedua belah pihak terutama dalam hal style undangan.

berikut beberapa tips dan ide untuk mendesain kartu undangan pernikahan yang mungkin bisa sedikit membantu anda dalam membuat undangan pernikahan

Ada banyak sekali desain undangan pernikahan yang tersedia aik online /internet maupun offline. untuk mencari inspirasi anda harus melakukan penelitian dan melihat sebanyak mungkin contoh desain yang ada sebagai bahan referensi desain. Undangan harus bisa menjelaskan sejelas mungkin tentang kapan, tempat, dll acara akan dilangsungkan dan hindari penggunaan kata-kata yang tidak diperlukan. Walaupun pernikahan adalah event dari kedua mempelai, ada baiknya jika anda berbagi dengan keluarga atau teman dalam menentukan desain. Terkadang kita tahu apa yang kita inginkan tetapi tidak tahu bagaimana menuangkannya dalam selembar kertas.

Undangan pernikahan yang unik biaanya menggunakan foto kedua mempelai. Anda bisa menggunakan ini sebagai hadiah yang menarik untuk teman atau relasi anda melalui kartu undangan itu sendiri tanpa harus membuat sebuah hadiah lagi he..he..he..
Desain usahakan mencerminkan diri anda karena itu bisa menjadi nilai tambah khusunya untuk anda dan keluarga anda paling tidak. Bila anda tidak mau yang complecated, gunakan desain yang sederhana tapi romantis dan menggambarkan apa yang anda inginkan.

Ada beberapa hal yang harus selalu anda ingat ketika membuat undangan pernikahan, yaitu undangan harus jelas, mudah dibaca dan dimengerti. Ingat bahwa undangan pernikan akan diberikan dan diterima oleh ralsi atau temen dari kedua belah pihak dan pastinya anda harus mencantumkan kemana dan untuk siapa undangan itu ditujukan, Ya iya lah..kalo ga nyasar ....

Translate from : www.all-weddings.com


TIPS RUMAH TANGGA LANGGENG

Ada waktu untuk berkorban, ada pula waktu untuk dinikmati sendiri.

Henry A. Ozirney dalam bukunya Knot Happy: How Your Marriage Can Be (Tate Publishing & Enterprises; New York; 2007) mengatakan, perkawinan merupakan wujud menyatunya dua individu ke dalam satu tujuan yang sama, yakni kebahagiaan yang langgeng bersama pasangan hidup. Namun, rasa cinta saja tak cukup karena akan ada banyak tantangan dan persoalan yang muncul mengusik kehidupan berumah tangga. Nah, saat gangguan itu muncul, ingat-ingatlah 10 tip Ozirney di bawah ini.

1. Bersiaplah untuk berkorban.

Setiap individu yang mengikatkan diri dalam perkawinan mau tak mau harus siap berkorban bagi pasangannya. Kadang dalam masalah kecil saja, dituntut pengorbanan yang besar. Contohnya, Anda baru sampai di pintu rumah dan merasa capek, tapi suami ternyata mengeluh badannya meriang dan minta dikerokin. Tentu niat semula hendak langsung beristirahat harus langsung dikesampingkan. Pengorbanan ini Anda dahulukan karena perhatian pada suami Anda anggap jauh lebih penting daripada rasa capek. Tentu saja pengorbanan semacam ini harus datang dari kedua belah pihak. Bila salah satu bersikap egois, tentu saja dapat menjadi pemicu munculnya perasaan kesal dan diperlakukan tak adil.


2. Tetap punya waktu untuk diri sendiri.

Sangatlah menyenangkan bila Anda memiliki kegiatan atau hobi yang dapat dilakukan bersama. Tapi jangan lupa, Anda juga perlu melakukan sesuatu atau berkegiatan sendiri tanpa didampingi pasangan. Punya waktu sendiri memberi kesempatan Anda untuk berpisah sementara dengan pasangan. Di saat ini, Anda dapat dengan jernih merefleksikan kembali kehidupan cinta Anda berdua. Kemudian melakukan koreksi diri tentang hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan kebahagiaan perkawinan dan menghindari kebosanan karena berduaan terus. Disamping itu, sendirian sejenak dapat dimanfaatkan untuk mengevaluasi seberapa jauh Anda kangen pada pasangan.

3. Memelihara keintiman dan romantisme.

Suami-istri yang sudah cukup lama berumah tangga kadang kurang peduli terhadap hal yang satu ini. Tak ada lagi kata-kata pujian, makan malam bersama, bahkan perhatian pun kerap jadi barang mahal. Padahal kunci hubungan yang sukses adalah melakukan hal-hal kecil yang berharga bagi pasangan. Melalui gerak tubuh, kata-kata penuh cinta dan perhatian kecil, rasa cinta dapat tetap terpelihara. Justru ungkapan emosi yang positif terhadap pasangan menjadi "tabungan" bagi hubungan emosi mereka. Jika "rekening" masing-masing sama besarnya, dijamin hubungan akan tetap berlangsung manis di masa datang. Entah sekadar memberi sekuntum bunga, mencium pipi, menggandeng tangan, saling memuji, atau berjalan-jalan menyusuri tempat-tempat romantis, akan kembali memercikkan rasa cinta kepada pasangan hidup.

4. Pandai mengatur keuangan keluarga.

Hampir sebagian besar waktu dalam keluarga dewasa ini, khususnya pasangan suami-istri muda perkotaan, adalah untuk mencari nafkah. Artinya, faktor ekonomi tak bisa dianggap remeh. Bayangkan, apa yang bakal terjadi seandainya rumah tangga tak ditopang oleh kondisi finansial yang memadai. Mengatur ekonomi keluarga secara benar juga akan memberi rasa aman dan bahagia.

5. Berbagi tugas rumah-tangga dan pengasuhan anak.

Kedua hal ini memberi kesempatan kepada pasangan untuk bekerja sebagai tim yang solid. Kegiatan membereskan rumah dan mengasuh anak dapat menjadi sarana mempererat tali perkawinan.

6. Komunikasi jujur dan terbuka.

Komunikasi merupakan salah satu pilar langgengnya hubungan suami-istri. Banyak suami-istri berkurang intensitas komunikasinya karena terlalu sibuk dengan urusan masing-masing. Padahal bagaimana komunikasi bisa terjalin mulus bila pasangan sudah tak saling menyapa. Jadi, cobalah untuk senantiasa menjaga komunikasi dengan pasangan. Luangkan waktu untuk duduk dan ngobrol bersama, sekalipun hanya 5 menit setiap hari. Sempatkan untuk meneleponnya atau mengirim SMS romantis. Sapaan "selamat pagi" atau "selamat malam" di tempat tidur juga dapat dijadikan ajang berkomunikasi. Intinya, ciptakan komunikasi sehingga masing-masing pribadi merasa dibutuhkan.

7. Jangan memendam masalah.

Sebenarnya ini merupakan bagian dari komunikasi. Namun pada intinya, seperti apa pun perasaan Anda dan pasangan, hendaknya selalu dikomunikasikan. Terutama rasa tidak suka atau yang menyinggung perasaan. Bila Anda malu atau sungkan karena khawatir mendatangkan masalah, sebenarnya Anda justru sedang menyimpan bom yang siap meledak sewaktu-waktu. Rasa marah yang terpendam juga membuat Anda berusaha menghindari satu sama lain tanpa sebab yang pasti. Jadi, serba enggak enak, kan? Makanya akan lebih baik bila setiap kali muncul perasaan marah atau kesal hendaknya dikemukakan saja agar tidak timbul kesalahpahaman yang berlarut-larut. Namun kemukakan kekesalan Anda secara santun dan objektif. Artinya, bila Anda kesal/marah, tunjukkan bahwa Anda hanya ingin dia mengoreksi kelakuannya dan sama sekali bukannya membenci dia sebagai pribadi.

8. Sadarilah Anda berdua adalah pribadi yang berbeda.

Ini bukan hanya dalam waktu singkat lo, tapi berlangsung untuk selamanya. Jadi wajar bila ikatan perkawinan akan selalu diwarnai perselisihan akibat perbedaan. Bukan saja perbedaan pendapat, tapi juga ketidaksetujuan akibat perbedaan-perbedaan yang lain. Pasangan yang gagal dalam perkawinan umumnya menaruh harapan terlalu tinggi bahwa pasangannya akan berubah sesuai keinginan dirinya. Sementara pasangan yang perkawinannya awet umumnya lantaran menyikapi perbedaan demi perbedaan dengan bijak. Perbedaan seyogianya tak harus menghancurkan perkawinan, melainkan justru memperkaya wawasan masing-masing sambil mencari solusi terbaik dengan selalu memprioritaskan kebahagiaan perkawinan.

9. Bersikap spontan.

Kebiasaan positif ini dapat diterapkan kapan saja. Misalnya, ingin menciptakan suasana romantis, mengatur jadwal makan malam di luar, bercinta, saling memuji, memerhatikan dan lain-lain yang sifatnya kejutan. Spontanitas ini bermanfaat untuk menghindari kebosanan dalam perkawinan. Lagi pula siapa sih yang tak suka mendapat kejutan menyenangkan? Yang penting, kejutan tersebut haruslah tulus dan penuh rasa cinta.

10. Selalu mengingat hal-hal terbaik dalam diri pasangan.

Apa saja hal-hal terbaik dalam diri pasangan yang membuat Anda mengambil keputusan untuk menikah dengannya? Selalu mengingat hal-hal terbaik yang dimiliki pasangan akan selalu menuntun Anda pada sejumlah kenangan manis yang tiada habisnya. Selain akan membuatnya merasa berharga di mata Anda. Ingat, hidup perkawinan tak luput dari dinamika hidup. Segalanya bisa saja berubah. Namun alasan mengapa Anda dulu begitu mencintainya akan selalu terpatri dalam lubuk hatinya. Begitu juga sebaliknya, sehingga kedua belah pihak akan selalu bertekad untuk menjaga hal-hal berharga tadi dan mempertahankan perkawinan.

Untuk menerapkan 10 tip tadi memang tak selalu mudah, tapi percayalah kunci-kunci ini yang dapat menyelamatkan perkawinan.

Sumber: Sepuluh Kiat Perkawinan Awet, Santi Hartono, Tabloid Nakita



NAMA -NAMA GEDUNG RESEPSI PERNIKAHAN

1. Aneka Bakti DEPSOS ( Jak-Pus )

2. ASG DEPKES ( Jak-Sel )

3. ASG Mesjid Raya Al Azhar (Jak-Tim)

4. Atrium Plaza STEKPI ( Jak-Sel )

5. Auditorium Adhiyana ( Jak-Pus )

6. Auditorium Balai Pustaka ( Jak-Pus )

7. Auditorium Gedung BDN ( Jak-Pus )

8. Auditorium Surya Palace ( Jak-Pus )

9. Aula Kemala ( JakBar )

10. Aula Mesjid Agung At Tin (TMII)

11. Aula Mesjid Al Azhar Pusat ( JakSel )

12. Aula Mesjid Al Bina ( Jln. Pintu Senayan )

13. Aula Mesjid At Taqwa ( Pasar Minggu )

14. Aula Mesjid Babussalm ( Cipinang JakTim )

15. Aula Mesjid Baiturahman ( Komplek DPR MPR )

16. Aula Mesjid Baitussalam ( JakSel )

17. Aula Mesjid Baitut Thalibin ( Senayan )

18. Aula Mesjid Pondok Indah ( JakSel )

19. Aula Mesjid Sunda Kelapa ( Menteng )

20. Aula Pangeran Kuningan ( Jak-Sel )

21. Balai Kartini ( Gatot Subroto )

22. Balai Pertemuan Corpatarin ( Jak-Tim )

23. Birawa Assebly Hall ( Gatot Subroto )

24. Darma Wanita Pusat ( Jak-Sel )

25. Dharma Wanita Pusat ( H.Rasuna Said )

26. Gedung Andika Sucofindo ( Pasar Minggu )

27. Gedung Ardya Garini ( Halim )

28. Gedung Arsip Nasional RI ( Gajah Mada )

29. Gedung Balai Sudirman ( Jak-Sel )

30. Gedung BDN & Menara BDN ( Jak-Pus )

31. Gedung Granadi ( Kuningan )

32. Gedung King ( Jln. Cikini )

33. Gedung Klub Eksekutif Persada ( Halim )

34. Gedung Klub Kelapa Gading

35. Gedung Marina

36. Gedung Panasonic Gobel ( JakTim )

37. Gedung Panti Perwira

38. Gedung Patra Jasa ( Gatot Subroto )

39. Gedung Sasana Pakarti ( Jak-Sel )

40. Gedung Sasana Wira Sakti ( Celilitan )

41. Gedung Serbaguna BPK ( Jak-Pus )

42. Gedung Serbaguna LPPI ( JakPus )

43. Gedung Serbaguna ORYZA ( Jak-Sel )

44. GOR Tanjung Priuk ( Jak Utara )

45. Graha Atrium Senen ( Jak-Pus )

46. Graha Bapindo ( Gedung BEJ Sudirman )

47. Graha Elnusa ( Jak-Sel )

48. Manggala Uana Bakti ( Gatot Subroto Senayan )

49. Padepokan Pencak Silat Indonesia ( T MII )

50. Puri Caping Gunung ( Komplek TMII )

51. Rumah Kartanegara ( Jak-Sel )

52. Taman Satria Mandala ( Gatot Subroto )

53. Wisma Indocemen ( Jln. Sudirman )

54. Gedung Puri Begawan ( jl. Pajajaran Bogor )

55. Gedung Bale Binarum ( Jl. Pajajaran Bogor )

56. Gedung Braja Mustika ( Jl. Semeru Bogor )

57. Gedung Wanita ( Jl. A. Yani Bogor )

58. Gedung Bale Sartika ( Jl. Siliwangi Bogor )

59. Gedung Biotrop ( Jl. Raya Tajur Bogor )

60. Gedung Alma ( Jl. Roda Bogor )

61. Gedung Resto & cafe Teras air ( Jl. Raya Tajur Bogor )

63. Gedung Serba guna ( Jl. Raya Bondongan Bogor )

64. Gedung Graha Dewi Sartika ( Jl. Raya Sholeh Iskandar Bogor )

65. Yasmin Harmony Banquet hall ( Jl. Ringroad Yasmin Bogor )

66. Auditorium Balitro ( Jl. Raya Cimanggu Bogor )

67. Gedung Litbang Kehutanan ( Jl. Gunung Batu Bogor )

68. Gedung YPI ( Jl. Raya Ciawi Bogor )

69. Gedung Islamic Center PPIB ( Jl. Raya Pajajaran Bogor )

70. Rancamaya Garden Party ( Jl. Raya Ciawi Bogor )

71. Gedung Tegar Beriman ( Komp. Pemda Cibinong )

72. Gedung serba guna NIRWANA SPORT CLUB (Jl. Raya Cikaret Cibinong)

73. Gedung Graha Wisuda IPB ( Jl. Raya Darmaga Bogor )



PAKET EKONOMIS
RP. 25.000.000,-

KAPASITAS 300 UNDANGAN / 500 PORSI


MENU
1. Nasi putih
2. Nasi goreng
3. Soup pilihan
• Kimlo
• Ayam bakso
• Ayam jagung
4. Ayam pilihan
• Ayam goreng mentega
• Ayam balado
• Ayam rica-rica
5. Ikan kakap asam manis
6. Asianan /salad / acar
7. Kerupuk udang
8. Aneka pudding
9. Jajanan pasar
10. Aneka buah potong
11. Air mineral

MAKANAN PONDOKAN
1. Es puter 1 Galon
2. Siomay 100 Porsi
3. Mie bakso 100 Porsi
DEKORASI PELAMINAN
1. Pelaminan adat standar
2. Mini garden
3. Bunga meja penerima tamu
4. Umbul-umbul 1 batang

DEKORASI CATERING
1. Dekorasi Meja Buffe
2. Dekorasi Meja Disert


TATA RIAS, BUSANA & ACCESORIES
1. Kedua mempelai
2. Kedua orang tua mempelai
3. Penerima tamu 4 orang
4. Pagar ayu dan pagar bagus 3 Pasang

PELENGKAP
• MC Resepsi + SOLO KEYBOARD LENGKAP

DOKUMENTASI
1. Photo Album 15 Sheet Variasi
2. Video Shotting DVD Akad & Resepsi


PERLENGKAPAN
1. Buku tamu 2 buah + spidol
2. Tempat ampau + souvenir (dipinjamkan)

BONUS
• Buffe Keluarga 50 Porsi

Katalog harga 2009


PAKET STANDART
RP. 33.500.000,- (Kapasitas 300 UNDANGAN / 600 PORSI)

MENU
1. Nasi putih

2. Nasi goreng spesial

3. Soup pilihan

• Kimlo

• Ayam bakso

• Ayam jagung

• Ayam jamur

4. Ayam pilihan

• Ayam goreng mentega

• Ayam masak kecap

• Ayam balado

• Ayam rica-rica

5. Daging pilihan

• Beff teriyaki

• Beff steak

• Dendeng balado basah / kering

• Rendang

• Krengseng daging paprika

6. Ikan kakap asam manis /gurame acar kuning

7. Sayur pilihan

• Sapo tahu

• Soun goreng spesial

• Kailan masak udang

8. Asinan /salad / acar

9. Kerupuk udang / emping

10. Aneka pudding

11. Aneka snack

12. Jajanan pasar

13. Aneka buah potong

14. Air mineral

15. Soft drink


MAKANAN PONDOKAN
1. Es puter 2 galon

2. Siomay 150 porsi

3. Sate ayam + lontong 150 porsi

4. Bakso 150 porsi

5. Empek-empek 150 Porsi


DEKORASI PELAMINAN
1. Pelaminan adat standar

2. Mini garden

3. Bunga meja penerima tamu

4. Umbul-umbul 1 Pasang

5. Pergola pintu masuk

6. Standing flowers 3 pasang


DEKORASI CATERING
1. Dekorasi Meja Buffe

2. Dekorasi Meja Disert

3. Ice carving 2 huruf Inisial & Ice tray


TATA RIAS, BUSANA & ACCESORIES
1. Kedua mempelai

2. Kedua orang tua mempelai

3. Penerima tamu 4 orang

4. Pagar ayu dan pagar bagus 3 Pasang


PELENGKAP
MC Resepsi
MUSIK HIDUP SOLO KEYBOAR + SOUND SYSTEM LENGKAP


DOKUMENTASI
• Photo Album 20 Sheet Kolase
• Video shotting Akad & Resepsi (DVD)


PERLENGKAPAN
1. Buku tamu 2 buah + spidol
2. Tempat ampau + souvenir (dipinjamkan)


BONUS
• Buffe Keluarga 50 Porsi

Katalog harga 2009



PAKET EXCLUSIVE
RP. 50.000.000,-

Kapasitas ± 1000 UNDANGAN / 1500 PORSI


MENU
1. Nasi putih
2. Nasi goreng pilihan
• Nasi goreng special
• Nasi goreng ikan asin/sea food
• Nasi goreng kambing
• Nasi goreng kuning
3. Soup pilihan
• Soup sosis
• Soup Kimlo
• Soup Ayam bakso
• Soup Ayam jagung / jamur
4. Ayam pilihan
• Ayam goreng mentega
• Ayam bumbu kecap
• Ayam rica-rica/balado
• Ayam bumbu bali
5. Daging pilihan
• Daging cincang
• Beff teriyaki/Beff steak
• Dendeng balado basah/kering
• Rendang
• Sambal goreng
6. Ikan pilihan
• Kakap asam manis
• Gurame tepung panir
• Gurame Acar Kuning
• Udang tempura
7. Sayur pilihan
• Sapo tahu
• Cah brokoli
• Kailo masak udang
• Cap cay special
8. Aneka salad pilihan
• Salad sayur
• Salad buah
• Mix salad
9. Aneka pasta pilihan
• Macaroni sekotel/lasagna/spagetty bolognaise
10. Rujak serut/bubur cendil 1 tampah
11. Kerupuk udang
12. Aneka pudding
13. Jajanan pasar/ snack
14. Aneka buah potong
15. Air mineral
16. Soft drink/jus

MAKANAN PONDOKAN
1. Kambing guling 2 ekor
2. Soto ayam/soto sulung/soto betawi 200 porsi
3. Es puter 2 galon
4. Es doger 200 porsi
5. Es cendol 200 porsi
6. Empal gentong 200 porsi
7. Empek-empek 200 porsi
8. Bakso 200 porsi
9. Siomay 200 porsi

DEKORASI PELAMINAN
1. Pelaminan adat lengkap standar (gebyok/begonjong)
2. Panggung & karpet jalan
3. Taman miniature/mini garden
4. Bunga pelaminan
5. Palem back ground
6. Pergola jalan/Standing flowers
7. Janur pintu masuk
8. Umbul-umbul 1 pasang
9. Bunga meja penerima tamu


DEKORASI CATERING
1. Dekorasi Meja Buffe
2. Dekorasi Meja Buffe keluarga
3. Dekorasi Meja Disert
4. Ice carving 2 huruf Inisial & Ice tray


TATA RIAS, BUSANA & ACCESORIES
1. Pengantin untuk akad & resepsi (busana akad pribadi)
2. Kedua orang tua mempelai
3. Penerima tamu 4 orang
4. Pagar ayu dan pagar bagus 6 pasang
5. Among tamu 6 pasang


PELENGKAP
• MC Resepsi
• MUSIK SOLO KEYBOARD + SOUND SYSTEM LENGKAP


DOKUMENTASI
• Photo Album 20 Sheet Kolase
• Video shotting Akad & Resepsi (DVD)
• Photo kanvas + bingkai ekslusif (50 x 60) 1 buah
• Photo prewedding out door
• Photo prewedding 2 + standing (dipinjamkan)


PERLENGKAPAN
1. Buku tamu 4 buah + spidol
2. Tempat ampau + souvenir (dipinjamkan)


BONUS
• Buffe Keluarga 50 Porsi

Katalog harga 2009

Tidak ada komentar: